Thursday, June 21, 2007

Solusi Komunikasi Bisnis

Artikel Iptek - Bidang Teknologi Informasi dan Telekomunikasi
Tello: Solusi Komunikasi Bisnis
Oleh Zainal Muttaqin

Tello, sebuah software yang dapat menghubungkan seorang pebisnis dengan pelanggan atau rekan sesama pebisnis menggunakan metode yang paling cepat dan efektif. Software ini dapat diakses melalui media internet, internet protokol atau IP phone, maupun handphone, baru baru ini diluncurkan di California, Amerika Serikat. Software yang dirancang khusus untuk kalangan bisnis ini diperkirakan akan menjadi booming karena dapat menjadi solusi fasilitator untuk meningkatkan efektifitas komunikasi.

Software ini dapat digunakan dengan cara menginstall langsung pada komputer yang tersambung pada jaringan internet, tentunya dengan terlebih dahulu mendaftarkan diri lewat website atau sofware tersebut. Selanjutnya dapat juga dengan mendaftarkan nomor IP phone, nomor handphone serta ID Instant Messenger (IM) rekan lainnya melalui software tersebut sehingga seseorang dapat menghubungi lawan bicaranya.


Gambar 1. Tampilan software Tello

Melalui software ini juga dapat ditampilkan secara otomatis pilihan metode komunikasi yang paling efektif untuk menghubungi lawan bicara. Jika lawan bicara sedang berada dalam komunikasi telepon, maka akan dipilih IM untuk menghubungi secara otomatis sehingga pesan akan disampaikan kepada yang bersangkutan tanpa mengganggu pembicaraan telepon yang sedang dilakukannya. Sedangkan jika IM dan IP phone lawan bicara dalam kondisi tidak aktif, maka lawan bicara dianggap sedang tidak berada di tempat atau berada diluar. Semua itu dapat dilakukan dengan hanya menginstall sebuah software bernama Tello.

Tello juga dilengkapi dengan kemampuan untuk tukar-menukar informasi dengan menggunakan komputer maupun handphone melalui internet. Jika pada netmeeting (rapat virtual) digunakan bahan-bahan presentasi seperti file powerpoint, gambar, atau tampilan homepage, maka tampilan yang sama akan dapat dilihat secara langsung oleh peserta rapat yang berada di tempat lain. Lebih jauh Tello Enterprise juga dilengkapi dengan APIs yang dapat menghubungkan dengan aplikasi lain seperti sistem ERP dan CRM, sehingga komunikasi langsung dapat dilakukuan dalam konteks proses bisnis yang kritis.

Tello mulai diluncurkan dengan dimulainya masa ujicoba pada akhir Januari 2006. Sejak saat itu software Tello telah dapat digunakan. Rencananya mulai Juni 2006 secara resmi memulai jasa pelayanan dengan mengharuskan para pengguna/pelanggan untuk membayar biaya sebesar US $30 per tahun. Perusahaan network raksasa seperti Cisco System atau Avaya telah menggandeng Tello untuk bekerjasama dengan memberikan Tello sebagai paket bonus dalam penjualan IP phone mereka.

Kembalinya para pemain lama

Peluncuran Tello mengingatkan akan topik yang sedang hangat dibicarakan di dunia Teknologi Informasi (IT) sebagaimana dipaparkan Romi Satria Wahono dalam tulisan di blogs pribadinya beberapa waktu lalu.

Teknologi yang diunggulkan oleh Tello seperti teknologi tukar-menukar file, data IM, atau komunikasi audio yang murah dengan IP phone sudah tidak asing lagi di dunia internet. Yahoo misalnya, telah diluncurkan sejak April 2000, menyusul ICQ, MSN atau AOL Messenger yang telah mendahului beberapa tahun sebelumnya.

Teknologi yang menyediakan kejernihan suara dalam komunikasi melalui IM seperti software Skype telah diluncurkan awal tahun lalu, disusul dengan kolaborasi bersama Festoon dalam menyediakan teknologi tukar-menukar tampilan windows untuk rapat virtual. Menurut hemat penulis, Tello hanya menggabungkan semua keunggulan software-software diatas dan mengemas semua teknologi tersebut ke dalam sebuah sofware yang dapat berfungsi sebagai operator untuk media komunikasi yang paling efektif.

Dibalik kesuksesan peluncuran Tello ini ternyata dimotori oleh wajah-wajah tokoh bidang high tech yang tidak asing lagi. Diantaranya adalah John Scully, seorang venture kapitalis yang terkenal dengan kesuksesannya dalam meluncurkan Macintosh dan Desktop Publishing membawa Apple ke masa gemilang. Selain Scully pernah menduduki jabatan CEO pada perusahaan minuman terkenal Pepsi (PBG). Juga ada Jeff Pulver, pemimpin sekaligus pendiri pulver.com, yang merupakan pioner di bisnis internet telephony (VoIP).

Sebagai pimpinan merangkap CEO Tello adalah Craig O. McCaw. McCaw menduduki jabatan yang sama pada dua perusahan besar Eagle River (perusahaan privat yang memfokuskan diri pada penanaman modal strategi di industri telekomunikasi) dan Clearwire Corporation (perusahaan portofolio dari Eagle River's yang mengoperasikan jaringan komunikasi wireless broadband dengan pasaran luas di Amerika dan seluruh dunia). Terakhir adalah Doug Renert, penanggung jawab solusi industri vertikal pada Oracle Corp dan Michael Price yang menjadi Senior Managing Director di Evercore Partners.

Sumber :

1. www.tello.com
2. www.romisatriawahono.net

No comments: